Beberapa Makanan Penurun Kolesterol Tinggi

Setelah sebelumnya saya memberikan informasi seputar Beberapa Makanan Pemicu Naiknya Kadar Kolesterol, maka pada kesempata kali ini saya akan memberikan informasi seputar Beberapa Makanan Penurun Kolesterol Tinggi yang mungkin bisa anda terapkan dalam menu makan anda. Namun sebelum membahas mengenai Makanan unuk Menurunkan Kolesterol Tinggi, mari kita simak terlebih dahulu informasi seputar kolesterol dan dampak dari kolesterol tinggi.

Kolesterol
Beberapa Makanan Penurun Kolesterol Tinggi Kolesterol adalah zat yang fungsinya sangat penting bagi tubuh. Sebenarnya zat ini merupakan zat lemak yang dikenal sebagai lipid.  Produsen utama zat ini adalah hati, namun lipid juga bisa berasal dari makanan. Kadar lipid yang terlalu tinggi, disebut dengan hiperlipidemia, dapat memengaruhi kondisi kesehatan. Meski kolesterol tinggi tidak menyebabkan gejala apa pun, tapi tetap bisa membahayakan kesehatan.

Dampak dan penyebab kolesterol yang tinggi
Kolesterol dapat mengendap pada dinding arteri, maka aliran darah di jantung, otak, dan bagian tubuh lainnya bisa terhambat. Jadi kolesterol tinggi meningkatkan risiko seseorang terkena penyempitan arteri atau aterosklerosis, penggumpalan darah di bagian-bagian tubuh tertentu, stroke, baik kecil dan besar, dan serangan jantung.

Kadar kolesterol yang tinggi juga dapat menyebabkan rasa sakit di dada bagian depan atau pada lengan (angina) ketika seseorang tersebut stres atau melakukan kegiatan fisik. Selain itu kolesterol tinggi juga meningkatkan risiko seseorang terkena penyakit jantung koroner.

Jika tidak mengubah pola makan dan tidak berhenti merokok, penderita kolesterol tinggi akan lebih berisiko terkena stroke atau penyakit jantung. Pada rokok ditemukan sebuah zat kimia yang disebut akrolein. Zat ini dapat menghentikan aktivitas kolesterol baik atau HDL untuk mengangkut timbunan lemak menuju hati. Akibatnya bisa terjadi penyempitan arteri atau aterosklerosis.

Selain itu, risiko penderita juga meningkat jika dia menderita hipertensi, diabetes, atau memiliki keluarga yang menderita penyakit jantung atau stroke.

Kolesterol tinggi juga bisa disebabkan oleh suatu kondisi yang berasal dari keturunan yang disebut sebagai familial hypercholesterolaemia (FH). Kadar kolesterol penderita kondisi ini tinggi meski telah mengonsumsi makanan sehat.

Mengonsumsi makanan rendah lemak dan kaya akan serat, seperti roti dan pasta bergandum, serta buah-buahan dan sayur-sayuran, terbukti dapat membantu menurunkan kolesterol. Serat, vitamin dan mineral yang terkandung dalam makanan tersebut mampu menjaga kondisi tubuh agar tetap fit.

Berikut Beberapa Makanan Penurun Kolesterol Tinggi :

1.    Kacang Panjang, Para peneliti di Arizona State University Polytechnic menemukan bahwa menambahkan 1/2 cangkir sup kacang panjang dapat menurunkan kolesterol total dan LDL, hingga 8%. Hal ini dikarenakan kacang panjang mengandung banyak serat yang telah terbukti memperlambat laju dan jumlah penyerapan kolesterol dalam jenis makanan tertentu.

2.    Anggur Merah, mungkin memiliki dampak yang signifikan pada penurunan kadar kolesterol. Sebuah studi yang dilakukan oleh The Department of Metabolism and Nutrition di Universidad Complutense de Madrid asal Spanyol menemukan bahwa ada penurunan kadar LDL sebesar 9%-12% pada orang yang mengkonsumsi buah anggur merah.

3.    Alpukat adalah sumber dari lemak tak jenuh tunggal, jenis lemak yang benar-benar dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol HDL sambil menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL). Alpukat mengandung beta-sitosterol, yakni lemak nabati untuk mengurangi jumlah kolesterol yang diserap dari makanan. Karena alpukat cukup tinggi kalori dan lemak maka sebaiknya jangan terlalu sering untuk dikonsumsi.

4.    Kacang-kacangan seperti almond dan kenari juga mampu menurunkan kolesterol tinggi, karena kandungan asam lemak tak jenuh ganda, yang juga baik bagi kesehatan pembuluh darah. Untuk mendapatkan hasil terbaik jangan makan kacang-kacangan yang sudah dicampur garam atau gula.

5.    Buah zaitun merupakan karunia alam yang sangat menakjubkan. Hal ini dikarenakan kandungan antioksidan zaitun hydroxytyrosol di dalamnya yang dapat menurunkan kadar kolesterol tinggi, namun tidak mengurangi tingkat kolesterol baik di dalam tubuh (HDL). Buah zaitun ini merupakan salah satu makanan yang pasti masuk kedalam menu masakan masyarakat Mediterania. Dan ini berbanding positif dengan kesehatan kardiovaskular masyarakat tersebut. Selain buahnya, minyak zaitun juga sangat berkasiat karena mengandung asam lemak tak jenuh tunggal dan vitamin E, yang baik untuk meningkatkan kadar kolesterol baik.

6.    t-sebut sebagai salah satu makanan penurun kolesterol tinggi yang ampuh. Analisis menunjukkan bahwa mengkonsumsi 25 gram protein kedelai per hari (10 ons tahu atau 2 1/2 cangkir susu kedelai) dapat menurunkan LDL sebesar 5% sampai 6%.

7.    Ikan yang mengandung asam lemak omega-3 seperti ikan kembung, sarden, tuna dan salmon. Selain menurunkan tingkat kolesterol jahat, Omega 3 juga sangat baik untuk kesehatan jantung dan menurunkan risiko terjadinya pembekuan darah serta risiko kematian mendadak akibat serangan jantung.

8.    Bawang putih telah dipercaya selama berabad-abad berpengaruh positif terhadap kesehatan jantung. Penelitian menunjukkan bahwa bawang putih juga dapat digunakan untuk menurunkan kolesterol tinggi dan melindungi jantung. Yang terbaik adalah mengkonsumsi bawang putih mentah yang dapat Anda masukan ke dalam salad atau menu makanan lain. Bawang putih ini juga merupakan salah satu faktor penentu dalam diet ala Mediterania seperti halnya buah zaitun.Kedelai dan aneka jenis makanan yang terbuat darinya, seperti tahu, tempe dan susu kedelai, disebu

9.    Yoghurt bebas lemak adalah pilihan berikutnya karena kaya akan protein, kalsium dan mikroorganisme Lactobacillus yang juga dapat membantu menurunkan kolesterol tinggi.

10.    Buah dan sayuran yang kaya antioksidan dapat menurunkan tingkat kolesterol tinggi dan juga melindungi jantung. Jenis buah dan sayuran yang baik untuk kesehatan jantung dan menurunkan kolesterol adalah: blueberry, strawberry, acai berry, blackberry, cranberry, jambu biji, mangga, kubis, brokoli, paprika, cabai, aprikot, mangga, labu, ubi jalar, wortel, dan bayam. Sebaiknya Anda memasukan porsi buah dan sayuran di setiap kali Anda makan.

11.    Oatmeal mengandung serat larut yang dapat mengurangi tingkat kolesterol jahat dari dalam tubuh. Selain oatmeal serat larut juga dapat ditemukan pada kacang merah, pisang, apel, pir dan buah prune. Cara kerja serat larut adalah mengurangi penyerapan kolesterol ke dalam aliran darah, sehingga tidak menumpuk di dalam pembuluh darah.

12.    Teh hitam, Disamping bisa berguna untuk pencegahan kanker, teh hitam ternyata juga mampu untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi. Berdasarkan penelitian dari USDA teh hitam dapat menurunkan kolesterol tinggi hingga 10% hanya dalam waktu 3 minggu.

Mengonsumsi makanan sehat bergizi seimbang seperti yang telah saya jelaskan diatas adalah langkah utama yang bisa dilakukan dalam mencegah atau menurunkan kolesterol. Gaya hidup sehat juga bisa memberikan perubahan besar. Contohnya adalah dengan tidak merokok atau segera mulai melakukan olah raga secara rutin. Semoga saja informasi mengenai Beberapa Makanan Penurun Kolesterol Tinggi yang saya sampaikan ini dapat membantu anda semua.

Dari Berbagai Sumber

Artikel Terkait Lainnya :

Beberapa Makanan Penurun Kolesterol Tinggi

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *