Jangan Terlalu Sering Memakai Sepatu Hak Tinggi Ini Resikonya

Jangan Terlalu Sering Memakai Sepatu Hak Tinggi Ini Resikonya

Mungkin bagi sebagian orang menggunakan sepatu ber hak tinggi dapat meningkatkan rasa kepercayaan diri mereka. Akan tetapi perlu anda ketahui juga bahwa terdapat banyak resiko jika kita terlalu sering menggunakan sepatu ber hak tinggi.

Jangan Terlalu Sering Memakai Sepatu Hak Tinggi Ini Resikonya

Menggunakan sepatu hak tinggi dapat menyebabkan kaki bagian depan memiliki tekanan berlebihan sehingga membuat beban tubuh bertumpu hanya kepada bagian tertentu. Dalam jangka panjang, kondisi ini berisiko membuat perubahan postur tubuh yang berujung kepada timbulnya penyakit.

Berikut Beberapa Resiko Jika Anda Terlalu Sering Menggunakan Sepatu Hak Tinggi :

Osteoartritis
Terlalu sering menggunakan sepatu hak tinggi dapat memicu resiko terkena penyakit osteoarthritis, hal ini dikarenakan menggunakan sepatu hak tinggi dapat menyebabkan tekanan pada lutut, sehingga mengakibatkan inflamasi dan rasa nyeri akibat gesekan ujung-ujung tulang penyusun sendi.

Baca Juga : Cara Menyembuhkan Osteoarthritis

Metatarsalgia
Anda akan merasakan rasa sakit akut bahkan dapat menyebabkan retak tulang pada bagian telapak kaki bagian atas jika terlalu sering menggunakan sepatu hak tinggi dan runcing. Hal ini dikarenakan Telapak kaki bagian atas atau tepat di bawah jari kaki Anda akan merasakan tekanan yang berlebihan.

Plantar fasciitis
Wanita yang sering menggunakan sepatu berhak tinggi akan memicu terjadinya plantar fasciitis, yaitu inflamasi yang terjadi pada plantar fascia. Plantar fascia merupakan sekelompok jaringan padat dan kuat (ligamen) yang berada di sepanjang telapak kaki dan menghubungkan tulang jari-jari kaki ke tulang tumit.

Achilles tendinitis
Ketika anda menggunakan sepatu berhak tinggi, maka Tendon Achilles akan memendek. Sehingga jika hal ini terjadi dalam waktu jangka panjang akan menyebabkan penyakit Achilles tendinitis. Kondisi ini terjadi karena peradangan pada tendon Achilles atau jaringan ikat yang menghubungkan otot betis di kaki bawah bagian belakang ke tulang tumit.

Siatika
Jika anda sering menggunakan sepatu hak tinggi, maka anda akan merasakan tekanan berlebihan pada lutut, pinggul, dan punggung bagian bawah. Hal ini diakibatkan karena beban pada jari-jari kaki anda bertambah yang membuat tubuh anda condong ke depat saat berdiri dan berjalan. Perubahan postur itulah yang  menyebabkan siatika yaitu rasa nyeri yang menjalar dari punggung bawah hingga ke paha, betis, tumit dan telapak kaki baik pada satu sisi maupun kedua sisi kaki.

Baca Juga : Obat Siatika

Sakit punggung bagian bawah
Mengenakan sepatu hak tinggi dapat mengubah bentuk tulang belakang dari posisi normal dan menyebabkan sakit punggung bagian bawah.

Pergelangan kaki terkilir
Menggunakan sepatu berhak tinggi dapat membuat anda berisiko tinggi untuk jatuh dan mengalami keseleo, terutama pada permukaan lantai atau jalan yang licin. Sepatu dengan hak tinggi dan lancip atau Stiletto merupakan sepatu yang paling berisiko menyebabkan cedera.

Bagi anda yang merasa tidak percaya diri jika tidak menggunakan sepatu berhak tinggi dan juga ingin terhindar dari resiko cedera, alangkah baiknya anda untuk menggunakan sepatu berhak tinggi dalam waktu yang tepat serta selektif dalam memilihnya.

Itulah informasi Jangan Terlalu Sering Memakai Sepatu Hak Tinggi Ini Resikonya yang dapat kami sampaikan. Semoga saja dengan adanya informasi yang telah disampaikan ini dapat bermanfaat.

Jangan Terlalu Sering Memakai Sepatu Hak Tinggi Ini Resikonya

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *