Macam Macam Jenis Penyakit Pada Sistem Pencernaan

Selamat datang di web tokoherbalacemaxs.com yang merupakan tempat informasi mengenai kesehatan dan berbagai macam jenis obat herbal. Pada kesempatan kali ini, saya akan mencoba memberikan informasi mengenai Macam Macam Jenis Penyakit pada Sistem Pencernaan manusia yang perlu kita ketahui.

Saat ini penyakit pada sistem pencernaan sangat generik dijumpai. Gaya hayati modern merupakan salah satu penyebab maraknya penyakit sistem pencernaan . Konsumsi makanan berkalori tinggi seperti junk food dan konsumsi alkohol dengan sedikit asupan serat, sayuran dan buah meningkatkan resiko penyakit sistem pencernaan.

Macam Macam Jenis Penyakit Pada Sistem Pencernaan

Sistem pencernaan sangat krusial dalam menunjang kesehatan. Karena pada sistem tersebut memproses apa yang Anda makan dan minum buat memenuhi kebutuhan tubuh akan nutrisi dan energi buat berfungsi dengan baik. Sistem pencernaan meliputi mulut, kerongkongan, lambung, usus kecil, usus besar hingga anus.

Berikut Adalah Beberapa fungsi dari sistem pencernaan secara generik adalah :

  1. Menerima zat makanan dan nutrisi.
  2. Mengurai dan memecah makanan menjadi zat-zat gizi.
  3. Menyerap zat-zat gizi tersebut ke dalam genre darah.
  4. Membuang bagian dari makanan nan tak dapat dicerna oleh tubuh.

Dapat Anda bayangkan betapa pentingnya sistem alat pencernaan pada tubuh manusia. Apabila ada satu saja fungsi yang gagal dari sistem alat pencernaan tersebut, maka bisa dipastikan kesehatan tubuh secara generik pun akan terganggu.

Dengan cara memperhatikan pola makan Anda, sedikit banyak Anda telah berusaha mencegah munculnya penyakit sistem pencernaan.

Berikut Adalah Beberapa Macam Macam Jenis Penyakit Pada Sistem Pencernaan Manusia :

1. Sakit Gigi
Di dalam gigi ada yang namanya pulpa gigi yang terdiri dari pembuluh darah, jaringan, serta saraf-saraf yang sensitif. Sakit gigi terjadi ketika pulpa mengalami radang.

Peradangan itu sendiri penyebabnya bermacam-macam, antara lain karena adanya tumpukan nanah di bagian dasar gigi akibat infeksi bakteri (abses periapikal), gigi retak, penyusutan gusi, kerusakan gigi yang mengakibatkan lubang, rusaknya tambalan, serta gigi yang terjepit di antara gigi lainnya ketika tumbuh.

Mereka yang menderita sakit gigi biasanya mengalami gejala seperti nyeri di sekitar gigi dan rahang, pembengkakan, sakit kepala, bahkan demam. Tingkat keparahan nyeri bisa bervariasi, mulai dari ringan hingga hebat. Dan menurut pola kemunculannya, nyeri bisa timbul dan hilang secara berulang-ulang atau terasa terus-menerus (konstan).

Seringkali penderita sakit gigi merasakan nyeri atau ngilu yang memburuk pada malam hari atau ketika mereka makan dan minum, terutama yang terlalu dingin atau panas.

2. Sariawan
Sariawan adalah suatu kelainan pada selaput lendir mulut berupa luka pada mulut yang berbentuk bercak berwarna putih kekuningan dengan permukaan agak cekung. Munculnya Sariawan ini disertai rasa sakit yang tinggi.

3. Hepatitis
Hepatitis adalah peradangan pada hati karena toxin, seperti kimia atau obat ataupun agen penyebab infeksi. Hepatitis yang berlangsung kurang dari 6 bulan disebut “hepatitis akut”, hepatitis yang berlangsung lebih dari 6 bulan disebut “hepatitis kronis”. ( Baca Juga : Obat Hepatitis )

4. Diare
Diare adalah suatu kondisi yang ditandai dengan encernya tinja yang dikeluarkan atau buang air besar (BAB) dengan frekuensi yang lebih sering dibandingkan dengan biasanya. Pada umumnya, diare terjadi akibat konsumsi makanan atau minuman yang terkontaminasi.

5. Konstipasi
Konstipasi adalah kondisi tidak bisa buang air besar secara teratur atau tidak bisa sama sekali. Jika mengalaminya, Anda biasanya akan mengalami gejala-gejala tertentu. Misalnya tinja Anda menjadi keras dan padat dengan ukuran sangat besar atau sangat kecil. ( Baca Juga : Cara Mengatasi Konstipasi )

6. Gastritis
Merupakan suatu peradangan akut atau kronis pada lapisan mukosa (lender) dinding lambung. Penyebabnya ialah penderita memakan yang mengandung kuman penyakit. Dilihat dari waktu terjadinya, gastritis dibagi menjadi dua:

  • Gastritis akut atau muncul secara mendadak dan cepat reda.
  • Gastritis kronis atau terjadi secara perlahan dan berlangsung lama.

( Baca Juga : Obat Gastritis Herbal Termutakhir Yang Aman )

7. Disentri
Disentri adalah infeksi pada usus yang menyebabkan diare yang disertai darah atau lendir. Ada dua jenis utama disentri yang digolongkan berdasarkan penyebabnya, yaitu disentri basiler atau sigelosis yang disebabkan oleh bakteri shigella dan disentri amoeba atau amoebiasis yang disebabkan oleh amoeba (parasit bersel satu) bernama Entamoeba histolytica yang biasanya ditemukan di daerah tropis. Disentri basiler biasanya lebih ringan dibanding dengan disentri amoeba.

8. Apendisitis
Apendisitis merupakan gangguan yang terjadi karena peradangan apendiks. Penyebabnya ialah adanya infeksi bakteri pada umbai cacing (usus buntu). Akibatnya, timbul rasa nyeri dan sakit.

9. Maag
Maag atau radang lambung atau tukak lambung adalah gejala penyakit yang menyerang lambung dikarenakan terjadi luka atau peradangan pada lambung yang menyebabkan sakit, mulas, dan perih pada perut.
Penyebab utama sakit maag ada dua, yakni bakteri helicobacter pylori (H. pylori) dan penggunaan obat anti inflamasi non steroid (OAINS), seperti ibuprofen atau aspirin dalam waktu yang cukup panjang. Bakteri H. pylori merupakan bakteri yang dapat mengiritasi dan menyebabkan munculnya luka pada lambung atau usus bagian atas. ( Baca Juga : Obat Herbal Sakit Maag )

10. Tukak Lambung
Tukak lambung adalah luka yang muncul pada dinding lambung akibat terkikisnya lapisan dinding lambung. Luka ini juga berpotensi muncul pada dinding bagian pertama usus kecil (duodenum) serta kerongkongan (esofagus). ( Baca Juga : Obat Herbal Tukak Lambung )

11. Radang Usus Buntu
Radang usus buntu (Appendicitis) merupakan nama penyakit yang menyerang usus buntu. Appendicitis terjadi ketika appendix, nama lain dari usus buntu telah meradang dan membuatnya rentan pecah, ini termasuk darurat medis serius. Operasi dilakukan untuk penyembuhan radang usus yang membengkak. ( Baca Juga : Obat Radang Usus Herbal )

12. Demam Tifoid
demam tifoid terjadi karena infeksi bakteri Salmonella typhi. Penyakit yang banyak terjadi pada anak-anak ini dapat membahayakan nyawa jika tidak ditangani dengan baik dan secepatnya. Demam Tifoid menular dengan cepat. Infeksi dan demam tifoid terjadi ketika seseorang mengonsumsi makanan atau minuman yang telah terkontaminasi sejumlah kecil tinja, atau yang lebih tidak umum, urin yang terinfeksi bakteri. ( Baca Juga : Obat Demam Tifoid Tradisional )

13. Wasir Atau Hemoroid
Wasir atau hemoroid adalah pembengkakan yang berisi pembuluh darah yang membesar. Pembuluh darah yang terkena wasir berada di dalam atau di sekitar bokong, baik di dalam rektum atau di dalam anus. Kebanyakan hemoroid adalah penyakit ringan dan bahkan tidak menimbulkan gejala.

14. Cacingan
Biasanya orang yang mengalami cacingan terjadi karena kurangnya menjaga kebersihan sehingga memungkinkan telur-telur cacing akan masuk ke dalam mulut dan hidup di dalam usus manusia, biasanya anak-anak yang kurang menjaga kebersihan saat bermain di luar akan rentan tertular penyakit cacingan ini.

Nah itulah informasi mengenai Macam Macam Jenis Penyakit Pada Sistem Pencernaan Manusia yang perlu kita ketahui. Semoga saja informasi yang saya sampaikan ini dapat bermanfaat bagi kita semua.

Macam Macam Jenis Penyakit Pada Sistem Pencernaan

Comments

comments

16 comments

  • Stephani A Gunawan

    Thanks ya 😍

  • Makasih 😊😄😅

  • mala

    makasih ya atas infonya salam buat yg lainnya

  • Candrika

    Thanks atas ilmunya

  • arya

    makasi sudah membantu mengasitau
    tentang penyakit pencernaan

  • Nisrina Bilqis

    Makasih banyak buat jawabannya PR jadi cepat selesai

  • makasih atas infonya sudah menyelesaikan pr ku terima kasih

  • Terima kasih atas infonya

    • sapnudin

      Ia sama sama mba

  • riska

    thaks udah bantu pr ku

  • dra.henjuswersih

    Trimakasih kami dapat menambah ilmu dari dra. Henjuswersih sman 1 teluk kuantan riau

  • Noe2'

    Tk y..

    No 8 dan no 11 apa bedanya??

    • sapnudin

      No. 8 dan No. 11 itu sama saja mba 😀

  • ayhu

    Thanks

  • Alinita

    Thank you

  • fathia

    Thank yuo your membatu pr ku

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *