Makanan Sehat Bagi Penderita Penyakit Jantung

Banyak daftar Makanan Sehat Bagi Penderita Penyakit Jantung mulai dari kacang kacangan, buah buahan, sayuran, biji bijian karena mengandung fitonutrien. Senyawa fitonutrien dapat membantu tubuh bekerja dengan baik serta dapat mencegah dan memperbaiki kerusakan sel. Inilah esensi dari pencegahan penyakit jantung.

Berikut adalah Beberapa Daftar Makanan Sehat Bagi Penderita Penyakit Jantung

Makanan Sehat Bagi Penderita Penyakit Jantung

1. Tomat
Tomat merupakan buah yang kaya akan vitamin C, vitamin A, kalium dan serat. Tomat juga mengandung lycopene, yang akan bekerja sama dengan vitamin dan mineral lainnya untuk membantu dalam pencegahan dan pengobatan penyakit jantung. Penelitian menunjukkan bahwa kombinasi nutrisi dalam tomat dapat membantu mencegah penyakit kardiovaskular. (Baca Juga : Manfaat Jus Tomat )

2. Apel
Menurut satu penelitian, mengonsumsi satu hingga dua apel per hari kemungkinan dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Penelitian tersebut menemukan bahwa apel efektif mengurangi kolesterol jahat dalam tubuh dan membantu mengatur gula darah. Hal ini karena selain mengandung fitonutrien, apel juga mengandung senyawa lain yang baik untuk jantung, yaitu quercetin dan pektin. ( Baca Juga : Manfaat Buah Apel )

Quercetin adalah senyawa yang mampu mencegah peradangan dan asma, serta diduga mampu mencegah kanker. Sedangkan pektin adalah serat larut yang membantu menurunkan tingkat gula darah dan tekanan darah. Walau masih diperlukan penelitian lebih lanjut mengenai kepastian dampak apel pada jantung, tidak ada salahnya mengonsumsi buah ini.

3. Buah Beri
Ragam buah beri seperti bluberi, stroberi, rasberi, dan blackberry dapat dijadikan camilan sehat. Buah beri yang kaya akan serat dan antioxidan diduga mampu mengurangi peluang terjadinya serangan jantung. Selain itu, Di dalam buah-buahan ini terkandung berbagai polifenol yang mempromosikan kesehatan yang mencakup antosianin dan asam ellagic. Polifenol dapat meningkatkan kadar oksida nitrat, sebuah molekul yang menghasilkan efek jantung sehat. Salah satunya adalah membuat rileks pembuluh darah, yang kemudian menghasilkan penurunan tekanan darah.

4. Anggur
Pada saat mengkonsumsi buah anggur merah, maka zat oksida nitrat yang ada di dalam darah akan meningkat sehingga dapat bermanfaat untuk mencegah pembekuan darah serta mencegah resiko terkena penyakit jantung. Selain itu, Buah anggur juga mengandung serat dan senyawa quercetin. Quercetin tampak bisa melindungi pembuluh darah dari penyumbatan. Walau efek anggur pada kesehatan jantung masih perlu diteliti secara lebih menyeluruh, Anda bisa mencoba memasukkan anggur sebagai salah satu pilihan buah sehari-hari.

5. Sayuran Berdaun Hijau
Bayam, kangkung, daun lobak, dan sayuran dengan daun warna hijau adalah makanan yang menganggumkan karena mengandung zat besi, vitamin C, keduanya bagus untuk kesehatan tulang, gigi dan rambut, selain itu kandungan vitamin A dan magnesium akan menjaga kesehatan tubuh. Semua nutrisi baik itu juga akan baik untuk jantung. Sayuran tersebut bisa menjadi apa saja untuk dimakan, namun jangan terlalu lama memasaknya agar nutrisi alaminya tidak hilang.

6. Kacang Kacangan
Perbanyak makan kacang seperti kacang merah hingga tiga cangkir seminggu. Selain kaya akan fitonutrien yang baik untuk jantung, kacang-kacangan juga kaya akan kandungan serat dan air yang membuat Anda cepat kenyang. Hal ini dapat mencegah Anda mengonsumsi lebih banyak kalori. Di samping itu, Kacang-kacangan mengandung banyak vitamin, mineral, lemak tak jenuh tunggal yang menyehatkan jantung dan rendah lemak jenuh. Penelitian menunjukkan bahwa orang yang mengkonsumsi kacang-walnut, pecan, almond, hazelnut, pistachio, kacang pinus dan kacang tanah hampir setiap hari memiliki jantung yang lebih sehat dan kuat.

7. Biji Bijian
Mengonsumsi biji-bijian seperti gandum, beras merah, atau jagung sebagai sumber utama karbohidrat dapat menurunkan risiko penyakit jantung, diabetes, beberapa jenis kanker, obesitas, dan masalah kesehatan lainnya. Hal ini karena biji-bijian tersebut mengandung protein, serat, antioksidan, vitamin B, dan mineral. Mineral yang dimaksud adalah seperti zat besi, zinc, dan magnesium. Serat dalam biji-bijian juga memiliki manfaat: berbagai studi menghubungkan diet tinggi serat dengan rendahnya risiko penyakit jantung. Dalam sebuah penelitian di Harvard, orang yang mengkonsumsi diet tinggi serat memiliki risiko 40 persen lebih rendah terkena penyakit jantung daripada mereka yang makan diet rendah serat. Serat larut dalam Biji-bijian juga dapat menurunkan kolesterol jahat ( LDL ). Jenis biji-bijian dengan kadar serat larut tinggi adalah gandung, jagung dan beras merah.

8. Ikan Salmon
Omega – 3 asam lemak dalam ikan salmon akan dapat membantu menurunkan kadar kolesterol. Biasanya hal pertama yang dokter sarankan setelah serangan jantung adalah untuk menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan trigliserida. Sementara ikan salmon sendiri dapat menurunkan kolesterol jahat serta meningkatkan kolesterol baik dalam tubuh (HDL). Salmon juga dapat membantu memperbaiki kerusakan jantung dan memperkuat otot-otot jantung. Salmon juga membantu menurunkan tekanan darah Anda dan bahkan mencegah pengerasan arteri Anda yang akan mengurangi kesempatan Anda untuk mengalami serangan jantung. Selain ikan salmon dan tuna, minyak biji rami, minyak canola dan kenari juga mengandung omega-3.

9. Coklat Hitam
Para peneliti telah menemukan bahwa coklat kaya akan flavanol yang memiliki efek pengencer darah, dan dapat bermanfaat bagi kesehatan jantung, serta juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan mengurangi peradangan. Orang-orang Kuna di Kepulauan San Blas, lepas pantai Panama, tercatat memiliki kesehatan jantung yang sangat baik, karena banyak mengkonsumsi makanan dan minuman yang terbuat dari coklat.

Flavanol dalam cokelat akan membantu meningkatkan fungsi dan menjaga kesehatan pembuluh darah, sehingga dapat menekan risiko tekanan darah tinggi, diabetes tipe 2, penyakit ginjal dan demensia. Beberapa penelitian juga menunjukkan coklat dapat membantu menurunkan tekanan darah. Senyawa dalam cokelat, yang disebut epikatekin, meningkatkan oksida nitrat ,  zat yang sangat penting untuk kesehatan pembuluh darah. Tingkat berlimpah oksida nitrat membantu menjaga tekanan darah agar tetap normal.

10. Teh Hijau
Teh merupakan salah satu minuman favorit, terlebih karena manfaatnya. Ada sejumlah penelitian yang menemukan keterkaitan antara meminum teh hijau dengan penurunan risiko penyakit jantung. Salah satunya adalah penelitian di Jepang, mereka yang meminum lebih dari lima cangkir teh hijau dalam sehari memiliki risiko sekitar 25 persen lebih rendah mengalami kematian akibat serangan jantung dan stroke.

Namun, berhati-hatilah dalam mengonsumsi teh hijau. Meminum lebih dari lima cangkir teh hijau tiap hari dapat meningkatkan risiko terkena penyakit batu ginjal. Oleh karena itu, jika mengonsumsi banyak teh hijau, perbanyak juga konsumsi air putih agar terhindar dari dehidrasi dan agar sistem kemih tetap lancar.

Selain dengan mengonsumsi makanan sehat, anda juga perlu menjalani pola hidup sehat seperti olahraga teratur serta tidak merokok supaya anda dapat terhindar dari risiko terkena penyakit jantung. Menurut hasil penelitian yang telah dilakukan oleh para ahli, mengungkapkan bahwa orang yang berusia 70-90 tahun yang membiasakan diri hidup sehat, dapat menurunkan risiko kematian akibat penyakit jantung sebesar 66 persen.

Itulah informasi seputar Makanan Sehat Bagi Penderita Penyakit Jantung yang dapat saya sampaikan. Semoga saja dengan adannya informasi diatas dapat membantu anda dalam menjaga kesehatan jantung dan dapat terhindar dari penyakit jantung yang memang dapat menyebabkan kematian mendadak.

Makanan Sehat Bagi Penderita Penyakit Jantung

Comments

comments

2 comments

  • makanan sehat di atas tidak hanya untuk penderita, tapi juga upaya pencegahan agar kita terhindar dari risiko penyakit jantung. makasi sharenya gan.

    • sapnudin

      Ia sama sama gan 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *