Pantangan Makanan Bagi Penderita Asam Urat dan Kolesterol Tinggi

Kolesterol dan asam urat merupakan penyakit yang kemungkinan saling berketerkaitan, dimana ketika anda memiliki kadar kolesterol tinggi, ada kemungkinan anda juga menderita penyakit asam urat.

Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi informasi mengenai Pantangan Makanan Bagi Penderita Asam Urat dan Kolesterol Tinggi yang perlu untuk diketahui.

Terdapat banyak cara yang dapat kita lakukan untuk menjaga agar kadar kolesterol dan asam urat kita tetap berada dalam keadaan stabil, salah satunya yaitu dengan menjaga pola makan dan berolah raga secara teratur. Ada beberapa makanan yang sebaiknya anda hindari jika tidak ingin kadar kolesterol dan asam urat anda melebihi batas normal.

Berikut Beberapa Pantangan Makanan Bagi Penderita Asam Urat dan Kolesterol Tinggi

Pantangan Makanan Bagi Penderita Asam Urat dan Kolesterol Tinggi

Jeroan
Anda yang mengidap penyakit asam urat dan kadar kolesterol tinggi, sebagiknya untuk tidak makan jeroan seperti Rempela, babat, kikil, ginjal, hati, kelenjar timus dan lain sangat kaya akan kandungan purin yang dapat menyebabkan meningkatnya kadar asam urat.

Selain itu, hati juga tinggi kadar kolesterolnya. Mungkin anda bertanya tanya kenapa hati disebut mengandung kolesterol tinggi? Hal ini dikarenakan Kolesterol dibuat dan disimpan dalam hati, tingkat kolesterol tertinggi dalam daging hewan ditemukan pada organ hatinya.

Daging
Alangkah baiknya untuk membatasi mengkonsumsi daging jika anda memiliki riwayat asam urat dan kolesterol tinggi. Hal ini dikarenakan pada berbagai jenis daging terkandung kadar purin dan kolesterol yang tinggi terutama pada jenis daging merah. Akan tetapi anda masih bisa mengkonsumsi daging, namun bukan daging merah melainkan daging putih seperti daging ayam. Akan tetapi anda juga perlu memperhatikan cara pengolahannya seperti jangan di goreng dan juga buang bagian kulitnya.

Makanan laut (seafood)
Banyak seafood atau makanan laut yang mengandung kadar purin tinggi, beberapa diantaranya seperti sarden, tuna, ikan teri, kerang dan juga lobster. Belum lagi jika sea food tersebut dimasak dengan cara di goreng. Pastinya kadar kolesterol yang terkandung di dalamnya akan meningkat.

Alkohol
Alkohol memang sangat tidak bagus untuk kesehatan, begitu juga untuk penderita kolesterol tinggi dan asam urat. Jika anda pencandu alkohol, alangkah baiknya untuk menghentikan kebiasaan tersebut. Karena jika anda terus terusan mengkonsumsi alkohol maka akan meningkatkan produksi asam urat hingga menyebabkan serangan asam urat yang berulang ulang. Selain itu, konsumsi alkohol dalam jumlah berlebihan juga dapat menyebabkan kadar kolesterol dan trigliserida (salah satu jenis lemak) dalam darah menjadi meningkat.

Dengan menerapkan pola makan sehat, tubuh kita akan menjadi lebih sehat dan kadar kolesterol serta asam urat tetap berada dalam kadar stabil. Selain menjaga pola makan, jangan lupa untuk berolah raga minimal 30 menit dalam sehari.

Baca Juga :

Itulah informasi yang dapat saya sampaikan mengenai Pantangan Makanan Bagi Penderita Asam Urat dan Kolesterol Tinggi. Semoga saja dengan adanya informasi diatasi dapat bermanfaat untuk semuanya.

Pantangan Makanan Bagi Penderita Asam Urat dan Kolesterol Tinggi

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *