Penyebab Kista Ovarium Serta Gejala

Penyebab Kista Ovarium Serta Gejala dan Pengobatannya,- Kebanyakan wanita pasti akan merasa takut apabila mendengar penyakit yang bernama kista ovarium. Penyakit ini menjadi hal yang menakutkan karena kehadirannya di tubuh bisa berkembang menjadi kanker dan bersifat mematikan. ( Baca Juga : Obat Herbal Kista Ovarium )

Penyebab Kista Ovarium Serta Gejala

Kista Ovarium memiliki dua kategori utama. Kista fungsional yang muncul sebagai bagian dari siklus menstruasi. Kista yang paling umum terjadi ini dapat hilang sendiri dan tidak berbahaya. Berlawanan dengan kista fungsional, terdapat jenis kista yang mengandung sel abnormal. Sebagian kecil kasus mempunyai sel abnormal yang bersifat kanker.

Berikut Penyebab Kista Berdasarkan Kategorinya :

1. Kista Fungsional
Kista fungsional muncul sebagai bagian dari siklus menstruasi. Kista yang paling umum terjadi ini cepat hilang dan tidak berbahaya. Kista fungsional bisa terbagi menjadi dua jenis yaitu kista korpus luteum dan kista folikel.

Korpus luteum adalah sel yang memproduksi hormon estrogen dan progesteron setelah pelepasan sel telur. Ketika lubang keluarnya sel telur pada korpus luteum tersumbat, penumpukan cairan pun terjadi. Inilah yang menyebabkan korpus luteum berkembang menjadi kista.

Kista korpus luteum umumnya akan hilang dalam beberapa bulan, tapi memiliki risiko untuk pecah. Jika terjadi, kista ini dapat menyebabkan pendarahan dan sakit yang datang secara tiba-tiba.

Jenis kista fungsional yang kedua adalah kista folikel. Di dalam ovarium, sel telur berkembang dalam struktur yang dikenal sebagai folikel. Kista folikel terbentuk ketika folikel mengalami gangguan sehingga tidak bisa melepaskan sel telur. Folikel pun membengkak karena penuh cairan dan menjadi sebuah kista. Kista folikel bisa hilang dengan sendirinya dalam beberapa minggu.

2. Kista Dengan Sel Abnormal
Kategori kista ini tidak berhubungan dengan siklus menstruasi dan muncul akibat adanya pertumbuhan sel yang tidak normal. Sebagian kecil kista ini bisa bersifat kanker.

Kista dermoid
Kista dermoid adalah jenis kista dengan sel abnormal yang paling umum terjadi pada wanita berusia di bawah 40 tahun.

Kista ini dapat mengandung semua jenis jaringan manusia, misalnya rambut, darah, lemak, tulang, kulit, serta gigi. Hal ini dapat terjadi karena kista ini berasal dari sel yang belum berkembang menjadi sel telur. Sel ini mempunyai kemampuan untuk berubah menjadi sel jaringan tubuh apapun.

Kista dermoid umumnya tidak ganas, tapi dapat berkembang dan membesar hingga berdiameter 20 cm sehingga harus diangkat dengan proses operasi.

Kista adenoma
Ini adalah kista yang umum ditemukan pada wanita di atas 40 tahun dan terbentuk dari sel-sel jaringan luar ovarium.

Kista adenoma dapat dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kista adenoma serosa dan kista adenoma mucinous. Kista adenoma serosa biasanya berukuran kecil, tapi dapat mengakibatkan gejala jika pecah.

Sedangkan ukuran kista adenoma mucinous dapat berkembang hingga berdiamater 35 cm. Kista ini jarang yang bersifat ganas, tapi dapat menyebabkan ovarium terpelintir sehingga aliran darah ke ovarium pun tersumbat.

Selain penyebab kista yang telah dibahas di atas, faktor lain yang dapat memicu terbentuknya kista ovarium adalah menderita endometriosis atau sindrom ovarium polikistik (PCOS).

Gejala Kista Ovarium
Keberadaan kista cenderung tidak menyebabkan gejala. Tetapi jika sel kista tersebut pecah, berukuran besar, atau menyumbat aliran darah ke ovarium, akan muncul beberapa gejala. Di antaranya:

  • Menstruasi yang tidak teratur atau berubah.
  • Nyeri pada tulang panggul beberapa saat sebelum atau setelah menstruasi.
  • Nyeri pada tulang panggul saat berhubungan seks.
  • Sering buang air kecil.
  • Sulit buang air besar.
  • Proses pencernaan yang tidak lancar.
  • Perut terasa kembung.
  • Lebih cepat merasa kenyang dibanding biasanya.
  • Limbung atau pusing.

Setelah mengetahui gejalanya dan merasakan salah satu darinya, lebih baik segera konsultasikan ke dokter. Dengan periksa ke dokter dapat dipastikan apakah Anda memiliki kista atau tidak.

Pengobatan Kista Ovarium
Kista umumnya akan hilang sendiri tanpa penanganan khusus. Ada beberapa hal yang menentukan perlu atau tidaknya langkah pengobatan, yaitu:

  • Ada atau tidaknya gejala akibat kista ovarium.
  • Ukuran kista.
  • Apakah penderita telah melewati masa menopause.

Penderita yang telah mengalami menopause mempunyai risiko lebih tinggi untuk mengidap kanker ovarium. Oleh karena itu, agar kista tidak berkembang menjadi kanker, kista tersebut perlu diangkat melalui operasi jika dalam waktu dekat tidak menghilang.

Kista sering dinilai dapat mengganggu kesuburan seorang wanita. Anggapan ini tidak sepenuhnya benar karena kebanyakan kista dapat diangkat dengan mudah tanpa menggangu organ reproduksi wanita. Walau demikian, ada prosedur operasi yang dapat memengaruhi kesuburan.

Operasi pengangkatan ovarium sepenuhnya akan dianjurkan jika kista yang terdeteksi :

  • Berukuran sangat besar sehingga membungkus seluruh ovarium dan tuba falopi.
  • Kemungkinan besar bersifat ganas.

Pengangkatan satu ovarium memang akan sedikit memengaruhi tingkat kesuburan. Tetapi ovarium yang tersisa akan terus memproduksi hormon dan sel-sel telur sehingga kemungkinan Anda untuk hamil dan memiliki anak tetap ada.

sumber : http://www.alodokter.com/kista-ovarium/

Selain dengan cara pengangkatan Ovarium yang memang memerlukan biaya yang tidak sedikit, disini kami juga merekomendasikan kepada anda Obat Kista Ovarium Herbal Ace Maxs solsui terbaik untuk mengobati penyakit kista yang sedang diderita secara efektif hingga tuntas serta aman.

Obat Kista Ovarium Herbal Ace Maxs

Obat Kista Ovarium Herbal Ace Maxs

Ace Maxs merupakan Obat Herbal Kista Ovarium yang terbuat dari perpaduan herbal Ekstrak Kulit Manggis dan Daun Sirsak sebagai bahan utamanya. Di proses dengan menggunakan bioteknologi canggih modern saat ini, serta dikendalikan langsung oleh para ahli kesehatan dibidangnya dengan menggunakan teknik khusus, sehingga dapat mempertahankan khasiat alami yang terkandung dalam ekstrak kulit manggis dan daun sirsak tersebut.

Khasiat Kulit Manggis Dalam Menyembuhkan Kista
Pada kulit manggis terdapat antikoksidan yang sangat luar biasa bernama xanthone. Xanthone memiliki sifat sebagai anti-proliferasi dan anti-imflamasi yang dapat mengobati kista serta mengurangi rasa sakit akibat kista. Penelitian Yukihiro Akao dari Institut Bioteknologi Gifu, Jepang, menyebut xanthone memiliki sifat antioksidan yang sangat efektif untuk menumpas sel kista ovarium, kista endometriosis dan kista bartholin. Hal ini karena a-mangostin, yakni senyawa turunan xanthone dapat membunuh sel kista dengan mekanisme apoptosis  ( bunuh diri sel secara terprogram ). Yukihiro Akao lebih lanjut mengatakan bahwa a-mangostin memaksa sel memuntahkan cairan dalam mitokondria sehingga Sel kista pun secara perlahan mati karena kekurangan pasokan energi.

Khasiat Daun Sirsak Dalam Menyembuhkan Kista
Mungkin Anda sudah sering mendengar tentang khasiat air rebusan daun sirsak untuk sembuhkan kista, miom ataupun kanker. Bagi Anda yang pernah mencobanya untuk mengobati kista atau miom, mungkin bertanya-tanya mengapa khasiatnya tidak sehebat seperti yang di gembor-gemborkan? Hal ini dikarenakan proses ekstraksi senyawa acetogenins di dalam daun sirsak menjadi tidak efektif pada suhu air mendidih ( 100Âș Celcius ). Proses ekstraksi ini harus berada pada suhu yang pas dengan menggunakan bioteknologi canggih. Belum lagi senyawa berbahaya yang ikut masuk ke dalam tubuh Anda, karena Anda menggunakan cara tradisional sederhana yakni dengan merebus daun sirsak. Berbeda halnya dengan Obat Kista Herbal Ace Maxs, karena dibuat dengan menggunakan bioteknologi canggih, sehingga proses ekstraksi berada pada suhu yang tepat dan hanya mengekstrak senyawa acetogenins yang dibutuhkan untuk mengobati kista. Selain itu daun sirsak yang digunakan tidak boleh terlalu tua ( sudah terkena banyak radikal bebas ) atau terlalu muda ( sedikit kandungan acetogenin ), sehingga hanya di ambil daun sirsak urutan ke tiga sampai ke tujuh. Daun sirsak yang digunakan sebagai bahan baku Herbal Ace Maxs berasal dari pedesaan bukan perkotaan, sehingga terbebas dari radikal bebas akibat polusi udara. Dengan memperhatikan hingga detail yang terkecil, Herbal Ace Maxs mengandung khasiat yang sesungguhnya dari daun sirsak yang tidak bisa Anda dapatkan pada herbal lain.

Dengan adanya perpaduan herbal Ekstrak Kulit Manggis dan Daun Sirsak yang terkandung dalam herbal Ace Maxs ini, bisa menjadi jawaban bagi anda yang sedang bingung mencari obat Herbal Kista yang ampuh serta aman.

Selain ampuh dalam mengobati kista, herbal Ace Maxs ini juga sangat aman dikonsumsi, karena hanya terbuat dari keseluruhan bahan herbal tanpa adanya campuran bahan kimia sedikitpun, serta telah terdaptar di BPOM dengan No. Registrasi POM TR. 142 680 331 dengan rincian sebagai berikut :

Database Registrasi BPOM - Ace Maxs

Bagi anda yang berminat untuk memesan Obat Herbal Ace Maxs ini, anda dapat memesannya kepada kami melalui SMS Ke No. 085.221.330.085 dengan menggunakan format pemesanan MAXT seperti contoh dibawah ini :

Cara Pemesanan Ace Maxs

Untuk informasi lebih jelasnya lagi mengenai Cara Pemesanan dan Harga Obat Herbal Ace Maxs, silakan Klik Gambar Di Bawah Ini :

Cara Pemesanan Ace Maxs

Itulah informasi seputar Penyebab Kista Ovarium Serta Gejala dan Pengobatannya yang dapat saya sampaikan. Semoga saja informasi yang telah saya sampaikan ini dapat membantu anda supaya terhindar dari penyakit yang satu ini.

Baca Juga artikel kesehatan lainnya :

Beberapa Jenis Makanan Penambah Sperma
Penyebab Sesak Nafas dan Cara Mengatasinya
Cara Menghilangkan Sakit Kepala Tegang
Bahaya Minum Alkohol
Perbedaan Benjolan Di Payudara Karena Kanker & Non Kanker

Penyebab Kista Ovarium Serta Gejala dan Pengobatannya

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *