10 Fungsi Organ Hati Yang Harus Diketahui

Pada kesempatan kali ini tokoherbalacemaxs.com akan berbagi informasi seputar 10 Fungsi Organ Hati Yang Harus Diketahui supaya kita dapat menyadari apa fungsi hati atau liver bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Hati atau liver merupakan kelenjar terbesar di dalam tubuh, hati menjadi salah satu organ yang paling kompleks dalam tubuh manusia. Pada orang dewasa, rata-rata berat hati adalah 1,4 kilogram. Hati menerima sekitar 1,4 liter darah per menit dari vena portal dan arteri hepatika.

Banyak sekali fungsi hati yang mungkin tidak ada sadari, sehingga anda tidak menjaga organ hati ini dengan baik. pada kali ini saya hanya akan berbagi 10 Fungsi Organ Hati Yang Harus Diketahui, berikut informasinya.

Berikut 10 Fungsi Organ Hati Yang Harus Diketahui :

10 Fungsi Organ Hati Yang Harus Diketahui

1. Menghancurkan sel darah merah yang sudah tua. Proses ini akan membuat tinja menjadi berwarna cokelat. Namun, bila tinja berwarna pucat atau bahkan putih, atau warna urine menjadi lebih gelap, bisa menjadi pertanda adanya masalah pada organ hati, misalnya hepatitis yang disebabkan oleh virus.

Selain itu, mata dan kulit yang menjadi berwarna kekuningan atau dikenal oleh masyarakat sebagai penyakit kuning (jaundice) juga bisa mengindikasikan adanya masalah pada organ ini. Kondisi tersebut bisa disebabkan oleh menumpuknya bilirubin atau hasil sisa penguraian hemoglobin. Hemoglobin adalah senyawa di dalam sel darah merah yang timbul ketika sel darah merah diuraikan.

2. Memproduksi cairan empedu yang bertugas membantu pencernaan makanan.

3. Menyimpan asam folat, zat besi, dan beberapa vitamin; seperti vitamin A, B, D, dan K.

4. Memproduksi kolesterol dan trigliserida.

5. Menguraikan hemoglobin dan hormon-hormon di dalam tubuh, salah satunya adalah insulin.

6. Memproduksi protein yang dibutuhkan tubuh untuk sintesis protein, termasuk zat-zat yang dibutuhkan untuk proses pembekuan darah.

7. Membersihkan darah dari senyawa berbahaya, seperti racun, obat-obatan dan alkohol.

8. Menyimpan energi untuk tubuh dalam bentuk glikogen dan mengubahnya menjadi glukosa saat kadar glukosa darah rendah.

9. Memproduksi albumin yang berguna menjaga cairan dalam sistem sirkulasi tubuh.

10. Mengubah amonia menjadi urea yang dikeluarkan bersama urine oleh ginjal.

Kami menyarankan kepada anda untuk menerapkan pola makan yang sehat dan seimbang, serta utamakan konsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan supaya fungsi hati tetap dalam kondisi fit.  Protein yang dibutuhkan bisa didapat dari kacang-kacangan serta polong-polongan. Anda tetap dapat mengonsumsi daging, namun batasi jumlahnya. Selain itu, hindari lemak trans. Batasi asupan lemak maksimal 20 persen dari total konsumsi seluruh makanan. Terakhir dan tidak kalah pentingnya, jangan lupa untuk rutin berolahraga. ( Baca Juga : Obat Herbal Hepatitis )

Itulah Mengenai 10 Fungsi Organ Hati Yang Harus Diketahui yang dapat saya sampaikan. Semoga saja dengan adanya informasi yang telah disampaikan ini dapat bermanfaat, sehingga anda semakin menyangi organ hati anda dan menjaganya denga hidup sehat jauh dari alkohol yang dapat menyebabkan kerusakan pada organ hati.

10 Fungsi Organ Hati Yang Harus Diketahui

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *