Beberapa Macam Jenis Penyakit Jantung

Beberapa Macam Jenis Penyakit Jantung,- Mempunyai tubuh yang sehat dan prima merupakan impian setiap orang. selain penampilan, kesehatan tubuh lebih penting karena terjadi sedikit saja masalah dengan anggota tubuh kita maka pekerjaan kita sehari-hari mampu terbengkalai. Salah satu bagian tubuh yang sangat rentan terhadap gangguan ataupun masalah adalah jantung.

Seperti yang sudah diketahui, Jantung mempunyai fungsi yang sangat penting bagi tubuh. Jantung berfungsi untuk memompa darah ke seluruh tubuh dan menampungnya kembali setelah dibersihkan organ paru-paru. sehingga kalau terjadi penurunan fungsi jantung maka kinerja jantung tidak normal sehingga menimbulkan penyakit jantung.

Berikut Adalah Beberapa Macam Jenis Penyakit Jantung Yang Perlu Kita Ketahui :

Beberapa Macam Jenis Penyakit Jantung

Penyakit Jantung Koroner
Penyakit jantung koroner, sering kali disebut penyakit jantung saja, terjadi akibat penimbunan plak di pembuluh arteri selama bertahun-tahun. Penimbunan plak itu menghalangi aliran darah di pembuluh arteri. Pembuluh arteri ini seharusnya lembut dan elastis, tetapi karena penimbunan plak menjadi sempit dan kaku sehingga sangat mengurangi aliran darah ke jantung. Jantung menjadi kekurangan oksigen dan nutrisi penting yang dibutuhkan. Itulah terjadinya serangan jantung.

Penimbunan plak di pembuluh arteri ini tidak terjadi dalam semalam. Penimbunan terjadi sejak usia muda. Kolesterol mulai menimbun di dinding pembuluh darah selama bertahun-tahun. Ketika kita berusia lanjut, plak telanjur besar membuat radang dinding pembuluh dan meningkatkan risiko pembekuan darah dan serangan jantung.

Gagal Jantung Kongestif
Gagal jantung merupakan jantung yang tidak mampu lagi memompa darah ke seluruh tubuh secara efektif. Dikatakan gagal bukan karena jantung berhenti bekerja tetapi juga karena jantung tidak bisa memompa sekuat biasanya. Akibatnya darah bisa masuk ke paru-paru atau bagian tubuh lainnya.

Kardiomiopati
Penyakit ini adalah karena adanya kerusakan atau gangguan pada otot jantung sehingga dinding-dinding jantung menjadi tidak bergerak secara sempurna ketika memompa darah dan menyedot darah. Penderia kardiomiopati pun memiliki risiko tinggi untuk mengidap arritmatia dan gagal jantung.

Inflamasi Jantung
Penyakit ini terjadi di dinding jantung, selaput yang menyelimuti jantung dan bagian dalam jantung. Hal ini disebabkan oleh racun dan infeksi.

Infark Miokard Akut
Infark Miokard merupakan kematian otot jantung yang disebabkan oleh penyumbatan pada arteri koroner. Otot-otot jantung pun akan tidak tersuplai darah sehingga mengalami kerusakan dan bahkan kematian.

Penyakit Jantung Rematik
Penyakit jantung rematik merupakan penyakit jantung yang disebabkan karena kerusakan katup jatung yang diakibatkan oleh demam rematik. Bakteri streptokokus adalah salah satu penyebabnya.

Kelainan Katup Jantung
Katup jantung memikiki fungsi untuk mengendalikan aliran darah di dalam jantung. Nah kalau katup jantung mengalami kelainan, hal ini akan menggangu aliran darah tersebut, yakni pengecilan, kebocoran, atau tidak sempurna menutup. Kelainan katup jantung ini bisa merupakan bawaan sejak lahir ataupun karena efek samping pengobatan.

Aritmia
Aritmia memiliki arti ‘irama jantung tidak normal’ diakibatkan oleh gangguan rangsang dan penghantaran rangsang jantung yang berat ataupun ringan.

Aterosklerosis
Aterosklerosis diakibatkan oleh dinding arteri yang mengalami penebalan karena lemak, kolesterol dan buangan sel lainnya yang mengendap sehingga pasokan darah ke sel-sel otot mengalami penghambatan. Ateroskleroris bisa terjadi di seluruh bagian tubuh. Nah, bila terjadi pada dinding jantung maka akan disebut sebagai penyakit koroner atau penyakit jantung iskemik. Penyakit ini berlangsung menahun dan timbul banyak gangguan penyakit. Penyakit ini dimulai dari adanya lesi dan retakan pembuluh darah khususnya karena ada tekanan kuat pada pembuluh jantung. Kemudian di tahap selanjutnya, tubuh akan berusaha memperbaiki retakan tersebut dengan menempatkan zat-zat lemak pada pembuluh darah. Nah, kemudian lambat-laun karena proses keretakan yang selalu berulang, pembulun jantung pun ditutupi oleh zat-zat lemak. Gejala awal penyakit ini adalah angina pektoris yang menyebabkan rasa nyeri di daerah jantung dan dada karena berkurangnya pasokan darah dalam jantung.

Penyebab penyakit jantung pada umumnya adalah akibat pola hidup kita yang kurang sehat, kecenderungan penderitanya adalah mereka yang memiliki gula darah tinggi, kolesterol, tekanan darah tinggi, kegemukan (obesitas), dan para perokok. Hal itu mengakibatkan tumbuhnya benjolan kecil di dalam pembuluh darah, benjolan ini disebut plak dan terbentuk karena kolesterol, lemak, dan sel yang tumbuh berlebihan pada lapisan pembuluh darah otot. Plak ini mulai terbentuk sejak muda kadang semasa kanak-kanak. ( Baca Juga :  Jian Xin Capsule Obat Herbal untuk Mengatasi Penyakit Jantung )

Sumber : http://bloginformasiberitaterbaru15.blogspot.com/2014/11/macam-macam-jenis-penyakit-jantung.html

Itulah informasi mengenai Beberapa Macam Jenis Penyakit Jantung yang sering terjadi pada manusia. Terjadinya permasalahan pada Jantung maka mampu memberikan dampak yang buruk dalam tubuh manusia karena mampu mempengaruhi kinerja anggota tubuh yang lainnya. Dengan menjaga kesehatan serta keseimbangan bagian tubuh maka anda mampu memberikan investasi jangka panjang dalam hidup anda.

Beberapa Macam Jenis Penyakit Jantung

Comments

comments

2 Comments

  1. informasi yang sangat lengkap sekali, terima kasih informasi-nya sangat membantu dan bermanfaat sekali.

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*