Beberapa Macam Jenis Penyakit Pada Lambung

Pada kesempatan ini tokoherbalacemaxs.com akan berbagi informasi seputar Beberapa Macam Jenis Penyakit Pada Lambung yang mungkin perlu untuk anda ketahui.

Beberapa Macam Jenis Penyakit Pada Lambung

Lambung merupakan bagian saluran pencernaan yang melebar dimana lubangnya selalu dalam keadaan tertutup namun sfringter kardial akan secara releks terbuka bila ada makanan yang masuk. Lambung mempunyai beberapa fungsi yang sangat penting sekali, salah satunya adalah untuk mencerna makanan dan menyerap beberapa sari-sari makanan.

Lambung merupakan kantong besar yang terdiri dari beberapa bagian sebagai berikut :

  • Kardia, terletak di sebelah atas di dekat jantung
  • Fundus, merupakan bagian yang membulat yang terletak di tengah
  • Pilorus, bagian yang terletak di dekat usus.

Lambung menghasilkan getah yang berasal dari dindingnya. Dindingnya sangat tebal dan terdiri dari beberapa kelenjar getah lambung yang menghasilkan sekresi asam lambung dimana asam tersebut mengandung enzim-enzim pencernaan, mukosa, dan HCL.  HCL berfungsi untuk mengaktifkan pepsinogen menjadi pepsin dan untuk membunuh kuman bila masuk ke dalamnya.  Pepsinogen merupakan enzim yang belum aktif dan akan aktif bila telah diubah menjadi pepsin. Pepsin sendiri berfungsi untuk memecah protein menjadi pepton dan proteosa.  Selain pepsinogen, lambung juga memiliki enzim renin, yaitu enzim yang menggumpalkan kasein yang terkandung dalam susu.  Mokusa atau lendir pada lambung berfungsi untuk melindungi dinding lambung dari abrasi asam lambung.

Beberapa Macam Jenis Penyakit Pada Lambung Yang Perlu untuk Anda Ketahui :

Kanker Lambung
Kanker lambung adalah jenis kanker yang menggerogoti lambung, yaitu organ di dalam rongga perut manusia yang menjadi salah satu bagian dari sistem pencernaan. Penyakit ini dapat diidap oleh orang-orang pada segala usia, meski sebagian besar penderitanya berusia 55 tahun ke atas.

Kanker Lambung memiliki beberapa gejala seperti kembung dan sering bersendawa, perut terasa mulas atau sakit, nyeri pada tulang dada, cepat kenyang saat makan, mual, muntah, sulit menelan makanan, serta gangguan pencernaan yang sering kumat.

Penyakit Asam Lambung
Penyakit Asam Lambung atau Gastroesophageal Reflux Disease (GERD) adalah masalah pada lambung yang cukup umum terjadi di masyarakat. Kondisi ini disebabkan oleh naiknya asam lambung menuju esofagus dan menimbulkan nyeri pada ulu hati atau sensasi terbakar di dada. Esofagus yang juga dikenal sebagai kerongkongan adalah bagian dari saluran pencernaan yang menghubungkan mulut dan lambung. Ketika asam lambung naik, jaringan dinding kerongkongan dan mulut akan teriritasi oleh asam lambung.

Berikut ini adalah gejala-gejala yang paling umum dialami oleh penderita penyakit asam lambung:

  • Refluks asam lambung atau regurgitasi. Asam di dalam perut akan kembali ke kerongkongan dan juga mulut sehingga muncul rasa asam dan pahit.
  • Sensasi terbakar di dada atau nyeri ulu hati. Kondisi ini dirasakan pada tulang dada. Rasa nyeri akan terasa lebih kuat setelah makan dan saat membungkuk.
  • Kesulitan menelan.

( Baca Juga : Cara Menurunkan Asam Lambung Tinggi )

Tukak Lambung
Tukak lambung adalah luka yang muncul pada dinding lambung akibat terkikisnya lapisan dinding lambung. Luka ini juga berpotensi muncul pada dinding bagian pertama usus kecil (duodenum) serta kerongkongan (esofagus).

Gejala utama yang akan Anda rasakan jika mengalami tukak lambung adalah nyeri atau perih pada perut. Rasa sakit tersebut muncul karena terjadinya iritasi akibat asam lambung yang membasahi luka. Gejala ini biasanya berupa rasa nyeri yang:

  • Menyebar ke leher, pusar, hingga punggung.
  • Muncul pada malam hari.
  • Terasa makin parah saat perut kosong.
  • Umumnya berkurang untuk sementara jika Anda makan atau mengonsumsi obat penurun asam lambung.
  • Hilang lalu kambuh beberapa hari atau minggu kemudian.

Di samping nyeri pada perut, ada beberapa gejala lain yang mungkin Anda alami, di antaranya nyeri ulu hati, tidak nafsu makan, mual, serta gangguan pencernaan. ( Baca Juga : Obat Tukak Lambung Herbal )

Sakit Maag
Sakit maag atau yang dikenal juga sebagai dispepsia, merupakan salah satu masalah kesehatan yang tidak asing lagi di telinga. Kondisi ini terjadi berawal ketika radang terjadi pada dinding lambung bagian dalam. Radang lambung yang sering atau terus-menerus berlangsung membuat lapisan dinding lambung bagian dalam terkikis sehingga terbentuklah luka yang disebut tukak lambung. Rasa sakit seperti perih atau panas dari leher hingga bagian tengah perut, merupakan gejala umum dari sakit maag. ( Baca Juga : Pengobatan Herbal untuk Menyembuhkan Sakit Maag )

Gastritis
Gastritis adalah peradangan pada dinding lambung. Pada sebagian penderita, gejala bisa muncul dan berupa rasa nyeri atau ngilu pada perut bagian atas, mual, muntah, serta kehilangan nafsu makan. Dan pada kasus gastritis yang terbilang parah, yaitu akibat terjadinya pengikisan dan pendarahan pada lapisan lambung. Gejala yang timbul bisa berupa tinja berwarna merah atau hitam dan muntah darah. ( Baca Juga : Obat Gastritis Herbal )

referensi : alodokter.com

Demikian informasi mengenai Beberapa Macam Jenis Penyakit Pada Lambung yang dapat saya sampaikan. Semoga saja dengan adanya informasi yang telah disampaikan di atas dapat bermanfaat untuk semuanya.

Beberapa Macam Jenis Penyakit Pada Lambung

Comments

comments

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*